bismillahirrahmanirrahim

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillah syukur seorang hamba pantaslah diucapkan dan dilakukan dalam bentuk perbuatan, sebab kesyukuran adalah perintah yang semestinya dilakukan oleh seorang hamba.
Shalawat dan salam teruntuk Nabi Tercinta Muhammad-shallallahu’alaihiwasallam– para sahabat dan orang-orang yang senantiasa cinta dan tetap istiqamah mengikuti jejak serta sirahnya Rasulullah-shallallahu’alaihi wa sallam.
Surat al-Nasr merupakan surat madaniyah ayatnya terdiri dari tiga ayat.

بسم الله الرحمن الرحيم
اذا جاء نصر الله والفتح (1) ورايت الناس يدخلون فى دين الله افواجا (2) فسبح بحمد ربك واستغفر انه كان توابا (3)
Terjemah Ayat
1. apabila datang pertolongan Allah dan kemenangan
2. dan (engkau) melihat manusia memasuki agama Allah secara berbondong-bondong
3. maka bertasbihlah dengan memiji rabmu dan istighfarlah sesungguhnya Dia maha penererima taubat

Tafsir Surat al-Nasr

Surat al-Nasr, firman Allah yang mengabarkan bahwa pertolongan Allah dan kemenagan segera datang. Di satu sisi hal ini memberi informasi bahwa ajal rasulullah telah dekat, begitulah penafsiran Ibnu Abbas. Kemengan yang Allah janjikan akan tampak kepada kaum muslimin dan musuh-musuh islam akan mengalaminya. Kata al-fath atau kemengan yaitu fathu makkah penakhlukkan kota mekkah dari hegemoni orang-orang Quraisy yang belum beriman kepada Allah.
Setelah kota Mekkah dikuasai kembali oleh orang-orang yang memang berhak untuk tinggal di kota Makkah maka kabilah-kabilah yang ada di Jazirah Arab berbondong-bondong masuk Islam. begitu pula penduduk Makkah,Thaif,Hawazin dan sebagainya. Setelah kemengan itu terwujud maka hendaklah bertasbih dengan memuji Allah dan melakukan istighfar sebab Allah Maha Penerima Taubat. Rasulullah mengajarkan agar seorang mukmin apabila melakukan keburukan agar senantiasa kembali kepada Allah, dalam sebuah hadis disebutkan”iringilah (ikutilah) keburukan dengan kebaikan niscaya kebaikan akan menghapus keburukan” Firman Allah Ta’ala” sesungguhnya kebaikan akan menghilangkan keburukan”

Qashash yang berkaitan dengan surat al-Nasr

Surat al-Nashr merupakan surat yang memberitakan kemenangan bagi kaum muslimin dengan kembalinya menguasai kota Mekkah. Tidak hanya menguasai kota Mekkah hal terpenting adalah kembalinya ajaran yang hanif pada bumi Makkah Al-Mukkaramah. Agama yang hanif agama yang diridhai Allah islam telah tegak di kota Makkah dan penduduknya berbonding-bondong masuk ke dalam agama Allah.
Selain sebagai kabar tentang kemengan surat al-Nashr juga memberitakan akan ajal Rasulullah. Ibnu Abbas ditanya tentang tafsir Surat al-Nashr kemudian Ibn Abbas menjawab bahwa Surat al-Nashr adalah berita bagi kaum muslimin bahwa ajal Rasulullah telah dekat.

‘Ibrah Dari Surat al-Nasr
1. Pertolongan Allah pasti datang bagi orang-orang yang menolong agama Allah
2. Bertasbih dan bertakbir hendaknya dilakukan oleh seorang muslim sebagai bentuk penghabaan terhadap Allah Ta’ala
3. Istighfar memang harus dilakukan oleh setiap muslim sebab Rasulullah-Shallallahu’alaihi wa sallam- melakukan isftighfar sebayak tujuh puluh kali dan seratus kali dalam satu hari.
4. Seorang Muslim tercipta sebagai manusia yang melakukan kebaikan dan keburukan sebab Nabi Muhammad yang ma’shum. Dengan demikian melakukan kebaikan akan menghilangkan keburukan dengan izin Allah.
Wallahu Ta’ala ‘Alam
Allahumma inniy asaluka ‘ilm wa al-‘amal ya rab..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s